Robere &  Associates

Anti Lembur Club

page-title

Sering lembur saat bekerja? Sebetulnya bagus gak sih untuk kesehatan?

Fenomena kerja keras bagai kuda lagi trend di kalangan anak milenial. Tidak jarang banyak anak milenial justru menikmati masa lembur, misalnya mereka sering post di sosial media sedang melakukan aktifitas lembur sampai tengah malam. Pengacara, industri kreatif dan media, serta konsultan bisnis adalah pekerjaan yang selalu ada jam lemburnya tidak menentu.

Pekerja keras boleh namun jangan seperti robot yang bekerja tanpa ada istirahat dan lembur sampai tidak kenal waktu. Resikonya banyak terutama akan mudah stress berlebihan. Stress diakibatkan karena ada tekanan pekerjaan seperti deadline yang memaksa otak untuk berpikir terus menerus. Bagi kalangan milenial hal ini merupakan tanggung jawab sebagai seorang pekerja dan itu tidak salah. Namun, alangkah baiknya tidak terlalu di forsir dan memprioritaskan kesehatan. Rata-rata pekerja yang bekerja lebih dari 11 jam berpotensi mengalami depresi dan mempengaruhi kehidupan dalam bersosialisasi dengan keluarga dan teman-teman dekat. Bagian pentingnya kalian akan kekurangan waktu untuk mencintai diri sendiri.

Waktu buat diri sendiri kurang apalagi waktu untuk istirahat. Data yang dikeluarkan Yayasan Peduli Jam Tidur Nasional di Amerika Serikat memberikan informasi jika bekerja lebih dari 50 jam setiap minggunya tidak dapat beristirahat dengan tenang (kurang maksimal untuk menikmati waktu istirahat). Coba deh perhatikan, biasanya pekerja yang sering lembur akan cepat ngantuk dan kurang bersemangat sehingga kinerjanya menurun. Ujung-ujungnya tidak menguntungkan juga toh. http://pekanbaru.tribunnews.com/2018/07/10/jangan-jadikan-kebiasaan-kerja-lembur-itu-bahaya-dan-bisa-sebabkan-5-gangguan-kesehatan-ini?page=2

Ingat, work hard kita juga harus play harder; hidup semestinya harus balance. Jangan dibuat pusing tetapi hati-hati juga jangan terlalu santai. Jangan sampai kamu mencari uang hanya untuk mengobati kesehatan kamu sehingga tidak bisa dinikmati dengan rasa santai dan bahagia.

Selamat bekerja teman-teman sekalian. Jangan diforsir yah.