Robere &  Associates

KELEBIHAN ISO 9001:2015

page-title
Tidak lagi hanya berfokus pada proses, akan tetapi sasaran mutu

Dengan mengadopsi High Level Structure menggunakan Annex SL yang merupakan platform untuk berbagai jenis pesyaratan ISO akan sangat memudahkan dalam proses integrasi berbagai sistem manajemen yang ada. Annex SL yang terdiri dari core Text, istilah umum dan definisi inti dapat digunakan diberbagai standar ISO dan memiliki kesamaan kerangka berpikir.

Pengukuran Kinerja menjadi salah satu persyaratan baru di dalam ISO 9001:2015 pasal 6.2.2 dimana tidak lagi hanya berfokus pada proses, akan tetapi sasaran mutu sebagai salah satu indicator pengukuran kinerja memiliki penekanan lebih; bukan hanya sebatas “ada” akan tetapi bagaiamana kinerja sasaran mutu tersebut dapat dicapai dan sejalan dengan rencana bisnis perusahaan.

Risiko adalah efek ketidakpastian dari hasil yang diharapkan. Pendekatan berbasis risiko ini membantu organisasi berpikir risiko lebih eksplisit, dimana jika pada versi 2008 Sistem Manajemen Mutu diawali dengan Rencana Mutu, maka pada versi 2015 ini, pendekatan berbasis risiko menjadi dasar dalam penyusunan rencana mutu, sehingga pengendalian terhadap dampak negatif yang akan muncul dari Sistem Manajemen Mutu dapat diantisipasi lebih awal.

Standar versi tahun 2015 tidak menghilangkan fungsi Management Representative secara sepenuhnya, dimana fungsi tersebut harus dilakukan dalam pengawasan penuh oleh Top Management, sehingga keterlibatan manajemen dalam implementasi standar ISO bisa lebih baik lagi. Tampak dari persyaratan ini bahwa Sistem Manajemen adalah pendekatan Top to Bottom, bukan Bottom Up yang selama ini sering terjadi di versi standar yang lama.

Sistem Manajemen Mutu yang ada kali ini tidak lagi hanya berfokus pada kepuasan pelanggan, akan tetapi juga berbicara mengenai kepentingan dari seluruh stakeholders/ pemangku kepentingan yang berhubungan dengan organisasi, sehingga organisasi harus mengidentifikasi dan memetakan kepentingan dari seluruh pemangku kepentingan tersebut.